Sabtu, 19 Februari 2011

Kontroversi Teknologi Komunikasi 1

Sebenarnya dari penemuannya saja teknologi sudah bisa menjadi kontroversial , periksalah berbagai sejarah penemuan-penemuan berteknologi yang tak jarang mengisahkan kontroversi di dalamnya . Lalu hal itu akan terus berlanjut , karena teknologi adalah suatu aplikasi dengan berbagai tujuan yang tak jarang menimbulkan dampak hingga perbedaan pendapat . Karena teknologi memiliki dampak positif yang besar SEKALIGUS negatif yang besar , seimbang .. sehingga menimbulkan perbedaan pendapat . Sangat disayangkan jika hal ini terus menerut terjadi sehingga perlu adanya penjelasan .
Masa kini , teknologi digunakan oleh semua kalangan masyarakat . Mulai dari menengah kebawah , menengah keatas , sebagai sistem keamanan , sarana umum , fasilitas , peralatan rumah tangga , alat komunikasi jarak jauh , dll . Bahkan tak segan-segan yang memanfaatkannya mulai dari anak SD hingga lansia , pembantu rumah tangga , supir , tukang antar-jemput , dll .
Teknologi yang paling berpengaruh dalam peradaban dunia modern adalah komunikasi jarak jauh dengan sinyal . Berupa telepon , jeringan sosial di internet ( fb , twitter , thumbler , friendster , yahoo!mail , dll ) , games di internet , games dengan jaringan antar lokasi ( sejauh ini yang saya tahu XBox ) , dll . Nah , berkat adanya jaringan sosial menembus ruang dan waktu ini , sesorang bisa menjadi bagian dari dunia internasional meski ia hanya duduk di bangkunya di depan komputernya . Atau seseorang yang sedang berjalan-jalan di taman bisa seketika menjadi bagian dari dunia internasional ketika ia membuka komunikasi internet di HPnya pada waktu itu . Dan jika kita perhatikan bahwa sistem komunikasi inilah yang membawa manusia untuk berhubungan kapanpun dan dimanapun , mengenal dunia dan perbedaan lebih luas , sehingga hal-hal yang sekiranya terlalu tradisional ataupun yang terlalu kaku menjadi musuh tersendiri . Dimaklumkan bahwa anak-anak dan anak muda jaman sekarang jujur saja seperti saya , lebih senang ketika memegang mouse komputer dan HP dibanding bermain layang-layang di lapangan perumahan . Karena itu tadi , pengaruh akan keragaman dan meluasnya jaringan ke seluruh dunia membuat kami merasa ingin dikenal orang lebih banyak , mengetahui lagi hal-hal lebih baru , tertarik pada dunia entertaiment dunia , tertarik pada hal-hal yang lebih mendunia , dan kurang meminati hal-hal yang sifatnya terlalu ' berada di sini ' . Memang , menyikapi kebiasaan anak di dunia maya cukup sulit , yang dapat dilakukan bukanlah perintah namun contoh tak langsung serta ajakan : menurut sebagian besar kasus yang ada , jangan perintah anak untuk berhenti bermain internet ketika waktunya makan atau belajar , ajak atau alihkan saja perhatiannya dan buat hal lain yang lebih menarik , lama kelamaan akan terbiasa memanage waktu dalam penggunaan internet , ini cara yang cukup efektif bagi anak muda seusia saya di era modern ini .
Teknologi komunikasi sangatlah penting dalam menjalin hubungan antar negara , dalam kontrol sistem keamanan menjadi lebih meluas dan cepat , dan banyak lagi dampak positif lainnya . Berikut adalah dampak-dampak negatif dari teknologi komunikasi : kemalasan mengerjakan hal lain disamping komunikasi , penyebaran nama buruk satu individu dengan individu lainnya , penyebaran berita dan hal yang menyimpang moral umum , dll . Tetapi , saya tegaskan bahwa teknologi komunikasi dapat diibaratkan sebagai berikut : pisau , dapat digunakan untuk memotong sayur dan juga dapat digunakan untuk membunuh sesama manusia . Tidakkah ibarat itu cukup menjelaskan predikat teknologi ? . Maka dari itu , janganlah bersikeras menentang teknologi , selama-lamanya , apalagi teknologi informasi , maka kita kerap menjadi orang-orang terbelakang yang kurang wawasan serta informasi .
Cara melimitasikan penggunaan teknologi komunikasi :
- lakukanlah hobi anda . Seperti memancing , bersepeda , main game , baca buku , menggambar , shopping ke mall , berkumpul dengan teman-teman , membuat puisi , dll apapun itu hobi anda yang tak lagi memerlukan waktu berjam-jam berada di depan komputer atau HP .
- berkomunikasilah secara langsung dengan orang-orang . Seperti curhat muka dengan muka , bercerita , bercanda , berdiskusi , dll .
- manage lah waktu penggunaan . Tetapi sebenarnya kadang memanage komunikasi jaringan internasional kita itu cukup sulit . Pasalnya saat kita berkomunikasi kita tak tahu kondisi orang yang kita ajak komunikasi . Kadang balasan atau reply dari komunikasi yang kita kirim ingin segera dibalas . Dan kemungkinan lain dalam komunikasi terjadi hal penting atau pembahasan penting . Tetapi sebenarnya hal ini bisa diatur sendiri tanpa penggunaan time table , manage waktu untuk penggunaan teknologi komunikasi adalah sebuah ketergantungan .
- dll
( tolong kalau ada saran atau tambahan di comment : ) )
Menentang teknologi komunikasi ? , kembalilah pada masa dimana surat yang anda tulis baru sampai di tujuan 1 minggu kemudian dengan kondisi yang sudah berubah
( posting tambahan dengan topik sama akan segera datang , terimakasih sudah baca )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar