Minggu, 27 Februari 2011

10 Hal Tidak Biasa Yang Jarang Diperhatikan Manusia

Langsung saja pada kesepuluh hal tersebut ..

1.Mengganti-ganti Bahasa Orang

Hal yang satu ini sangat jelas di telinga anda dan di penglihatan anda , dan sadarkah bahwa selama ini kita telah mengubah-ubah bahasa orang lain ? . Sebagai bukti yang mudah dan nyata , saya memiliki satu pertanyaan , apakah anda tahu nama asli negara Cina ? . Jika anda tidak tahu maka sebaiknya anda tahu karena Cina bukanlah nama asli negara itu , dan kita telah mengubahnya hanya demi memudahkan kita dalam menyebutnya . Nama aslinya , yang penduduk aslinya sebut negara mereka sendiri adalah Zhong Guo . Tak hanya kita saja yang mengubah nama asli suatu negara ke bahasa kita , merekapun demikian . Orang Cina atau Zhong Guo Ren itu menyebut Amerika atau America dengan nama Mei Guo yang artinya Negara Yang Cantik . Tentu hal ini mungkin biasa di mata kita , namun alangkah baiknya jika kita tak dibiasakan untuk mengubah-ubah bahasa orang lain demi menghormati satu sama lain . Buktinya di negara kita sendiri dulu , sekitar empat ratus tahun yang lalu , Belanda tiba di Indonesia . Pelayaran mereka yang pertama , tiba di daerah Banten dan mereka mengubah nama Banten menjadi Batavia demi memudahkan mereka dalam mengucapkannya sementara nama Banten bukanlah milik mereka . Mereka juga menyebut pulau Jawa menjadi Java . Begitupula orang Indonesia , apakah anda tahu nama asli negara Belanda ? . 

2.Percaya Pesan Berantai

Jika anda punya BlackBerry dan aplikasi BBMessanger , pernahkah anda mendapatkan pesan berantai yang mengancam anda ? . Pesan ini bisa dibilang broadcast message yang jika kita dikirimkan maka tulisannya berwarna ungu . Banyak orang jahil , cari perhatian , dll mengirimkan pesan berantai lewat broadcast message ini . Karena pengirimannya praktis dan dalam sekali send bisa langsung ke semua contact atau contact yang dipilih saja . Tak hanya lewat BBMessanger , lewat SMS dan internet juga bisa . Nah , sebenarnya , tak jarang orang yang merasa terancam jika dikirimkan pesan berantai tersebut . Biasanya di dalamnya dituliskan , mereka meminta pesan ini untuk disebarluaskan dan jika tidak maka ada resikonya . Sebenarnya jika kita pikirkan baik-baik , untuk apa seseorang mengirim pesan seperti ini tanpa tujuan yang jelas ? , dan apa yang membuat kita begitu percaya ? . Jika anda merasa diri anda dilindungi oleh YME mengapa anda harus merasa terancam ? . Cobalah pikirkan baik-baik dan jangan korbankan perasaan orang lain yang anda kirimkan , jika anda meladeni pesan berantai , coba pikirkan sebenarnya anda dikendalikan oleh siapa .. diri anda atau diri orang lain ? .

3.Ajakan Manis Bermaksud Pahit


Apakah anda pernah mendengar orang berkata " Iritlah BBM untuk masa depan yang lebih baik ! " . Jika saya boleh berkata begitu di depan publik saya akan berkata " Ayo ! , habiskan BBM , untuk masa depan yang lebih baik ! " . Sekarang pikirkan , berapa banyak bencana alam yang tak terprediksi terjadi di seluruh penjuru dunia sejak adanya asap kendaraan yang terbang dengan bebas menembus lapisan atmosphere bumi ? . Lalu pikirkan bagaimana jadinya jika anda mengiritnya untuk digunakan hingga 20 bahkan 50 tahun kedepan ? . Lalu pikirkan jika anda habiskan itu minyak bumi peninggalan nenek moyang-nenek moyang penghuni bumi jutaan tahun lalu , habiskan dan anda takkan melihatnya lagi 20 hingga 50 tahun kedepan . Perusahaan minyak bumi hanya akal-akalan agar usaha mereka terus berlangsung , ingatlah bahwasannya perusahaan minyak untuk bahan bakar dapat menghasilkan uang segedung untuk suatu perusahaan , maka dari itu tak jarang diantara mereka yang tak ingin rugi . Jika dibayangkan , ketika di masa depan kita sudah beralih ke energi ramah lingkungan yang langsung dapat kita dapatkan dari alam , mereka mau usaha apa ? . Ada sebenarnya banyak usaha lain yang dapat dijalankan , namun akan mengurangi penggunan jasa manusia atau semacam buruh pabrik maupun pengelolahan , karena energinya sudah didapat langsung dari alam seperti sinar matahari dan air . Atau dengan maksud lain , bisa jadi pengiritan BBM itu agar meminimalisir penggunaan BBM , tetapi sama saja jika diirit habisnya akan memakan waktu lama dan penggunaannya masih akan berjalan , lebih baik dihabiskan secepatnya atau tak usah digunakan lagi . Pasalnya masih banyak generasi yang ingin menghirup udara segar , jadi berilah kami kesempatan . 


4.Murid Yang Ingin Bicara


Guru tak hanya sebagai guru , tetapi seharusnya juga bisa menjadi teman . Tetapi , metode dan cara guru menyampaikan pelajaran itu berbeda-beda . Ada guru yang ingin muridnya duduk diam , mendengarkan , mematuhi aturan , bergerak sesuai perintah guru , ........ , ........ , ......... , menekan kebebasan murid sebagai manusia yang juga memiliki kemauan dan pilihan . Namun ada juga guru yang membiarkan muridnya bicara , berpendapat , mendiskusikan tata tertib kelas dan konsekuensi yang sudah mereka sepakati , dan juga menjadi teman untuk muridnya . Contoh guru yang pertama sudah tak cocok lagi dengan mayoritas pelajar TK hingga SMA masa kini .. biasanya anak-anak era globalisasi dan komunikasi internasional pikirannya lebih terbuka dan lebih kreatif , juga lebih terpengaruh . Maka dari itu mereka lebih menginginkan suatu kebebasan dalam menyampaikan kata hatinya pada lingkungannya , alias sudah tak ingin kebanyakan diatur seperti tentara ataupun robot . Saya pelajar SMP dan saya merasakannya , suatu hal yang berat dan sangat menekan , yaitu dibatasi oleh peraturan dalam hal menggali ilmu dan mengasahnya . Jangan anggap remeh hal ini , saya merasakan bahwa ini adalah suatu perubahan besar yang baik dalam dunia pendidikan . Beralih dari pendidikan kaku ke pendidikan yang .. mungkin bukan pendidikan .. tetapi ilmu pengetahuan tak terbatas . Coba kita lihat pendidikan 10 atau 20 tahun ke depan , seperti apakah itu ? . 


5.Buku Sekolah Menumpuk


Coba sekarang anda kumpulkan ( jika masih ada ) buku-buku sekolah anda dari SD hingga kuliah , jika anda memiliki banyak bisa jadi menjadi sebuah menara buku . Ya , kadang saya berpikir kenapa kita harus buang-buang kertas . Biasanya dulu , 70%-80% sumber ilmu di sekolah adalah dari buku . Namun kini beberapa sekolah telah memiliki cara jitu mengatasi banyaknya jumlah buku yang harus dimiliki murid yaitu dengan menjadikan buku hanya sebagai sumber intinya saja yaitu 30%-50% ilmu yang ada , selebihnya menggunakan kehidupan sehari-hari dan internet . Perubahan ini cukup bagus , supaya mengurangi penggunaan kertas yang diambil dari pohon dan mengurangi limbah buku .


6." Aku Cinta Negaraku , Aku Benci Negaramu ! "


Ada orang yang terlalu monoton . Tak mau bergabung sebagai bagian dari dunia internasional , cenderung bersikukuh menunjukkan kehebatan dan keunikan negrinya . Mereka biasanya menolak mentah-mentah teknologi dan tak ingin berbicara bahasa Inggris atau bahasa penjajah negara mereka . Biasanya orang-orang ini masih percaya mitos-mitos dan ajaran kaku dari negara mereka dan menggabungnya dengan ajaran agama mereka ( hal ini akan dibahas di posting yang lain ) . Mereka biasanya cukup kontroversial dalam menjalin hubungan dengan orang yang berkewarganegaraan lain . 


7.Berpikir di Sini , Untuk Sekarang ..


Biasanya pengangguran begitu , berpikir hanya untuk di sini untuk sekarang . Biasanya juga mereka yang tidak peduli dengan masa lalu dan masa depan . Ada banyak kasus tentang orang seperti ini yaitu mereka tak memiliki visi dalam hidup . Ketika ada trend yang baru dan sedang top , mereka kerap mengikutinya meski kadang di mata orang lain kurang cocok untuk dirinya . Dan biasanya mereka itu orang yang biasa-biasa saja , entah ya .. ada yang baik ada juga yang kurang baik , ada yang bijak , yang pintar , atau yang licik , apapun itu pembawaan mereka tetap saja mereka berpikir untuk di sini dan untuk sekarang saja . Ya , terserah mereka memilih ingin menjadi orang seperti apa , tetapi kedengarannya kurang baik . Nah , hal ketujuh ini dalam arti berbeda , maksudnya mereka sedang tidak dalam keadaan yang mendesak . Seperti contohnya orang yang sedang perang , itu baik untuk mereka untuk berpikir di sini dan untuk sekarang agar terfokus pada lawannya , tetapi orang-orang ini berbeda .. mereka biasanya terlalu santai .


8.Copycat Negara Lain


Mungkin kita bisa lihat Malaysia , dan bahkan kita sebenarnya harus bisa mengaca kalau sebenarnya kita sama saja dengan Malaysia alias gemar mengikuti trend atau gaya negara lain . Contohnya mungkin penyanyi-penyanyi Korea yang ingin terlihat keren sehingga mereka menggunakan suatu teknik menata rambut yaitu dengan mengecatnya lalu dibentuk . Tak jarang orang yang mengritik ( maaf untuk fans-fans Korea ) kalau penyanyi Korea mirip banci salon . Yaaa , memang itu adalah suatu kenyataan bahwa tak sedikit orang yang bilang begitu . Cara mereka mengikutipun salah , banyak gaya-gaya mereka yang terlihat lebih feminim padahal mereka ingin tampil lebih mencolok . Biasanya banyak yang mengikuti gaya orang Amerika karena kan pengaruh media Amerika sangat kuat di mata dunia jadi ya hasilnya begitu . Sebenarnya tak ada masalah dengan hal ini , tapi dilihatnya kurang cocok .


9.Kurang Berinteraksi Dengan Manusia


Biasanya kita sering berbicara lewat telepon , jaringan internet , dll . Dan kadang kita terlalu malas untuk bertemu langsung dengan lawan bicara . Mengakibatkan adanya kekurangan interaksi langsung antar manusia . Biasanya hal ini terjadi di kalangan muda , yang biasanya bermalas-malasan . Padahal menggunakan teknologi yang sudah ada untuk komunikasi itu bagus tetapi ada batasan-batasan atau limitasinya .


10.Meneliti Kembali Perkataan Orang


Apakah anda termasuk orang yang percaya dengan orang lain ? . Atau mudah terpengaruh ? . Biasanya kebanyakan orang terlalu malas memikirkan perkataan orang lain yang disampaikan padanya . Dan dengan mudah menerimanya . Biasanya ini menyebabkan lingkungan yang saling main pengaruhan . Yaitu biasanya suatu lingkungan dengan orang-orang yang pikirannya sejalan . Padahal tak jarang perkataan yang anda katakan sendiri di lisan maupun di hati lebih baik daripada yang dikatakan orang lain , yang penting adalah menjadi diri sendiri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar